Langsung ke konten utama

Resume Kitab Insal Kamil

AL- INSAN KAMIL
Karya Abdul Karim Al-Jili
Prof. Dr. Yunasril Ali, MA
Judul lengkap kitabnya adalah al-insan al-kamil fi ma’rifat al-awakhir wa al-awa’il (manusia paripurna tentang pengenalan terhadap yang akhir dan yang awal.karya ini terdiri dari 2 juz dan diterbitkan dalam satu jilid.berisi 63 bab; juz pertama mengandung 41 bab dan juz kedua mengandung 22 bab.

Abdul al-karim ibn khalifah ibn ahmad ibn mahmud al-jili mendapat  gelar kehormatan syekh(maha guru) dan Quthb al-din (poros agama) gelar tertinggi dalam sufi.
Maksud penulisan kitab ini adalah pengenalan terhadap al-awakhir, yaitu makhluk tuhan berupa benda-benda fisikal yang muncul pada tataran akhir dalam proses tajalli (penampilan diri) tuhan,dan tuhan itu sendiri disebut  sebagai al-awal.al-awail adalah bentuk kata jamaknya,ditulis dalam bentuk jamak untuk melukiskan tentang tuhan dan juga martabat-martabat yang ada dalam proses tajalli-Nya.dan makhluk ciptaan-Nya merupakan bagian akhir dari tajalli-Nya.
Karya ini ditulis agar para pencari tuhan dapat tertuntun dalam pengembaraannya menuju tuhan.ia berkeinginan agar tasawuf tidak keluar dari koridor al-Qur’an dan sunnah.ia mengatakan bahwa pengetahuan yang tidak berlandaskan pada al-Qur’an dan hadits adalah sesat.
Al-Qur’an  dan sunnah bukan hanya dijadikan legitimasi terhadap ilmu yang kita miliki,tapi ia menjadi afirmasi yang meneguhkan iman kita.
Tokoh yang mempengaruhi
Al-faqih al-arif jamal al-din muhammad ibn ismail al-mukaddasy (w.798H)
Al- syaikh al-arif abu bakar muhammad al-hakkak
Abu al-ghayts ibn jamil (w.651H)
Syekh ismail ibn ibrahim sl-jabarti (w.806H)
Khawaja baha al-din muhammad ibn syah al-naqsyabandi (w.828H) pendiri tarekat Naqsyabandiyyah.
Kitab al-insan kamil amat dipengaruhi oleh pemikiran sufistik ibn arabi.istilah al-insan kamil itu sendiri semula digunakan oleh ibn arabi.sementara al-jili lebih pada pengembangan pemikirannya secara rinci,sistematis, dan komprehensif.
Ajaran sentral
Seorang sufi atau calon sufi akan mendekatkan diri kepada Allah melalui penyucian hati.penyucian ini dilakukan dengan amal-amal ibadah (tasawwuf ubudi) dan peningkatan kualitas keperibadian dan tingkah laku ( tasawwuf akhlaqi).kedua tasawwuf ini disebut  tasawwuf amali ( tasawuf praktis), dan upaya pendekatan diri ini disebut proses taraqqi ( pendakian).
Seorang sufi harus melakukan perenungan.dimulai dengan mengenal asal-muasal diri kita.kita berasal dari tuhan,lalu bagaimana proses munculnya kita dari tuhan?proses ini ada yang disebut tanazzul(gradasi),dan ta’ayyun ( entifiksi).

Kitab ini dimulai dengan kajian tentang tuhan sebagai zat yang trasendent.kemudian, ia ingin melihat diri-Nya di luar diri-Nya, maka untuk merelisasikan iradah-Nya ia menampakan diri-Nya melalui alam semesta.proses ini adalah tanazzul atau dikenal dengan tajalli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hernowo Hasim : Berkarya dan Tak Kenal Lelah

Sosok Hernowo memang sudah tidak asing dalam dunia penerbitan. Hingga membuat saya merasa senang dan beruntung bisa di bimbing oleh beliau   walau   hanya baru   beberapa   hari.   Sosoknya yang ramah dan jika berbicara sangat asyik di dengar hingga kami   merasa dibukakan   wawasan   lebih   jauh   saat mendapat   pelajaran darinya. Cara belajarnya sungguh mengasyikan   dan   bersahabat.

Resensi Buku Tafsir Sufi Al-Fatihah: Kandungan Sufistik Surat Al-Fatihah Menurut Jalaluddin Rakhmat

Judul Buku      : Tafsir Sufi al-Fatihah Penulis              : Jalaluddin Rakhmat Penerbit            : Penerbit Mizan Tahun terbit     :   20 12 Jenis buku        : Non-Fiksi (Agama Islam) Tebal                : 2 44 Halama n Harga               : Rp. 35.000 Jalaludin Rakhmat adalah seorang Cendikiawan Muslim yang terkenal aktif dalam menyuarakan suara-suara pembaruan bersama Alm. Nurkholis Madjid. Kang Jalal biasa ia disapa merupakan penulis yang produktif. Buku yang penulis bahas kali ini merupakan buku yang sebelumnya pernah diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya dengan judul "Tafsir Sufi Al-Fatihah M...